Jumat, 22 April 2016

Bahaya Kerkurangan Trombosite Pada Anak


Jika untuk alasan apapun jumlah trombosit darah turun di bawah normal, kondisi ini disebut trombositopenia. Biasanya, Anda memiliki mana saja dari 150.000 ke 450.000 trombosit per mikroliter darah beredar. Karena setiap trombosit hanya hidup sekitar 10 hari, tubuh Anda terus-menerus memperbaharui pasokan trombosit Anda dengan memproduksi trombosit baru dalam sumsum tulang Anda.

Bahaya Kerkurangan Trombosite Pada Anak


Trombositopenia dapat diwariskan atau mungkin disebabkan oleh sejumlah obat atau kondisi. Apapun penyebabnya, beredar trombosit berkurang oleh satu atau lebih dari proses berikut: perangkap trombosit di limpa, penurunan produksi trombosit atau peningkatan penghancuran trombosit.
trombosit terjebak

limpa adalah organ kecil seukuran kepalan tangan Anda terletak tepat di bawah tulang rusuk Anda di sisi kiri perut Anda. Biasanya, limpa Anda bekerja untuk melawan infeksi dan menyaring bahan yang tidak diinginkan dari darah Anda. Pembesaran limpa - yang dapat disebabkan oleh sejumlah gangguan - mungkin pelabuhan terlalu banyak trombosit, menyebabkan penurunan jumlah trombosit dalam sirkulasi.
Penurunan produksi trombosit

Trombosit diproduksi di sumsum tulang Anda. Jika produksi rendah, Anda dapat mengembangkan trombositopenia. Faktor-faktor yang dapat menurunkan produksi platelet meliputi:
  •     Leukemia
  •     Beberapa jenis anemia
  •     Infeksi virus, seperti hepatitis C atau HIV
  •     obat kemoterapi
  •     konsumsi alkohol berat 

Peningkatan pemecahan trombosit

Beberapa kondisi bisa menyebabkan tubuh Anda untuk menggunakan dan memusnahkan trombosit lebih cepat daripada mereka yang diproduksi. Hal ini menyebabkan kekurangan trombosit dalam aliran darah Anda. Contoh kondisi tersebut meliputi:

Kehamilan. Trombositopenia yang disebabkan oleh kehamilan biasanya ringan dan meningkatkan segera setelah melahirkan.
Trombositopenia imun. Tipe ini disebabkan oleh penyakit autoimun, seperti lupus dan rheumatoid arthritis. Sistem kekebalan tubuh keliru menyerang dan menghancurkan trombosit. Jika penyebab pasti kondisi ini tidak diketahui, itu disebut idiopatik thrombocytopenic purpura. Jenis ini lebih sering menyerang anak-anak.
Bakteri dalam darah. Infeksi bakteri parah yang melibatkan darah (bakteremia) dapat menyebabkan kerusakan trombosit.
Trombotik thrombocytopenic purpura. Ini adalah kondisi langka yang terjadi ketika gumpalan darah kecil tiba-tiba membentuk seluruh tubuh Anda, dengan menggunakan sejumlah besar trombosit.
Sindrom uremik hemolitik. Kelainan langka ini menyebabkan penurunan tajam dalam trombosit, penghancuran sel darah merah dan kerusakan fungsi ginjal. Kadang-kadang dapat terjadi dalam hubungan dengan infeksi bakteri Escherichia coli (E. coli), seperti dapat diperoleh dari makan daging mentah atau setengah matang.
Obat. Obat-obat tertentu dapat mengurangi jumlah trombosit dalam darah Anda. Kadang-kadang obat membingungkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan itu untuk menghancurkan trombosit. Contohnya termasuk heparin, kina, antibiotik sulfa yang mengandung dan antikonvulsan. 

Komplikasi

Perdarahan internal berbahaya dapat terjadi ketika jumlah trombosit Anda turun di bawah 10.000 trombosit per mikroliter. Meskipun jarang, trombositopenia berat dapat menyebabkan perdarahan ke dalam otak, yang bisa berakibat fatal.

Oleh karena itu perlu anda waspadai bahwa kekurangan trombosit pada tubuh sangat berbahaya sekali, dan untuk mengatasinya  bisa anda kunjungi dan kik di  Cara Meningkatkan Trombosit Pada Anak Secara Alami.

Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dengan adanya artikel kali ini bisa bermanfaat untuk kesehatan anda.

Bahaya Kerkurangan Trombosite Pada Anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar